Selasa, 08 Desember 2020

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pengertian Kesehatan Gigi dan Mulut 

        Gigi yang sehat adalah gigi yang terbebas dari gigi berlubang, rasa sakit, karang gigi serta bau mulut. Kesehatan gigi mempunyai peran penting dalam tubuh kita, karena mulut merupakan pintu awal masuknya makanan ke dalam tubuh. Makanan yang kita makan diproses dalam mulut dengan cara dikunyah dan gigi merupakan bagian tubuh yang pertama kali berfungsi menghancurkan makanan sebelum masuk ke proses pencernaan. Sehingga jika rongga mulut kita sehat terutama gigi maka tubuh kita juga akan sehat karena proses pencernaan kita berjalan dengan baik.


Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
 1. Menggosok gigi dua kali sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur
            Dianjurkan sikat gigi dua kali sehari, setiap pagi setelah sarapan dan sebelum tidur.         Namun, banyak orang masih sering lupa bahkan malas menyikat gigi sebelum tidur.                Kenapa penting menyikat gigi sebelum tidur? Karena sisa makanan yang dibiarkan                 semalaman lama-kelamaan akan membusuk dan merusak gigimu dikarenakan zat asam        sisa fermentasi bakteri yang mengikis email gigi. 


                                           
2. Menggunakan pasta gigi berflouride
             Fluoride memiliki peranan penting dalam pencegahan gigi berlubang. Defisiensi fluor     bisa mendemineralisasi email gigi dan menjadikannya rapuh. Karena itu, ada tiga manfaat     fluoride yang utama untuk kesehatan gigi dan mulut Anda:
  • -Membunuh bakteri penyebab plak gigi
  • -Mengurangi tingkat kelarutan email gigi dalam suasana asam. 
  • -Remineralisasi kembali lesi pada email.
3. Kurangi makanan dan minuman manis
            Membatasi makanan dan minuman yang manis berdampak pada berkurangnya kadar gula yang masuk. Gula yang ada di mulut nantinya akan diubah menjadi asam, yang kemudian akan mengikis perlahan email gigi (lapisan gigi yang keras). Semakin banyak kadar gula yang dikonsumsi, maka semakin tinggi juga asam yang akan mengenai gigi.

            Sisa makanan juga menjadi penyebab lubang pada gigi (caries) mudah terjadi. Ini karena sisa makanan yang menempel pada gigi kemudian diubah oleh bakteri normal yg ada di mulut menjadi asam. Asam dapat melarutkan mineral pembentuk gigi sedikit demi sedikit yang akhirnya terjadi lubang. 
                                                        

4. Ganti sikat gigi secara teratur
            Ganti sikat gigimu minimal 3 bulan sekali atau jika bulu-bulunya sudah mulai mekar.         Karena jika bulunya sudah rusak dan tidak diganti maka akan melukai gusi bukannya              membersihkan gigi.
                                            


5. Periksa ke dokter gigi secara rutin
            Masalah terbesar adalah bahwa banyak orang tidak memeriksakan gigi mereka                secara rutin ke dokter gigi, bahkan ada yang tidak pernah memeriksakannya. Padahal,            dianjurkan untuk memeriksakan gigi rutin ke dokter paling tidak dua kali dalam setahun.         Ketika periksa, dokter gigi punya kemampuan untuk menganalisa gigimu dan memberikan     saran yang tepat untuk perawatan gigi ke depan. Atau, paling tidak, saat datang ke dokter     gigi, mereka dapat membersihkan karang-karang gigi yang ada di gigimu. 





Sumber :
https://www.tanyapepsodent.com/artikel/diet-gaya-hidup/apakah-fluoride-dan-apa-fungsi-fluoride-untuk-gigi.html
https://www.lemonilo.com/blog/5-langkah-merawat-gigi-penting-agar-gigimu-selalu-bersih-dan-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Hobby

My Hobby Sumber : beritagar.d           Saya memiliki hobbi memasak semenjak tinggal dirumah orang di waktu SMA. Sebenarnya dulu ketika keci...